Modal ventura adalah bentuk bantuan pendanaan yang diberikan oleh perusahaan Venture Capital kepada perusahaan di tahap awal atau akhir berdasarkan spesialisasi dari perusahaan venture capital tersebut. Perusahaan venture capital yang berinvestasi di perusahaan-perusahaan  akan mendapatkan imbalan saham.

Modal ventura terbukti memiliki risiko yang tinggi, karena berinvestasi pada produk atau teknologi yang hadir dengan potensi dalam skala besar namun belum menghasilkan keuntungan, dan memiliki kemungkinan gagal tinggi yaitu dua pertiga. Pada saat bersamaan, modal ventura juga dapat menerima penghargaan, bergantung pada keberhasilan startup dalam portofolio mereka.

Asia Tenggara merupakan pasar yang sangat kuat bagi modal ventura (VC) dan bagi investasi ekuitas swasta, dengan nilai transaksi yang diumumkan sebesar US$14,1 milliar pada tahun 2018. Dengan perkembangan industri teknologi saat ini, para investor startup semakin memperhatikan perusahaan berbasis teknologi.

Setelah kawasan Asia Tenggara terpukul sangat keras oleh pandemi pada tahun 2020 lalu, akibatnya kenaikan peringkat kawasan Asia Tenggara dan peningkatan peluang penggalangan dana dan kegiatan outing yang lambat. Saat ini, pemulihan sedang terjadi dan berkaitan dengan meningkatnya minat pada bidang teknologi keuangan dan perusahaan e-commerce.

Berikut ini merupakan daftar perusahaan venture capital terbaik di Asia Tenggara yang paling aktif menurut merah putih.

1. Alpha JWC

berkomitmen untuk membantu dan mendukung pasar negara berkembang yang diremehkan oleh modal ventura dan jaringan pendukung bisnis.

2. Cyberagent Capital

Didirikan di Jepang pada tahun 2006, CyberAgent Capital adalah perusahaan venture capital yang fokus berinvestasi pada perusahaan teknologi di Asia. Portofolionya mencakup perusahaan-perusahaan di Asia Timur, seperti Korea, China, Taiwan, serta Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam yang menjadikannya salah satu venture capital terbaik di Asia Tenggara.

CyberAgent berinvestasi di berbagai perusahaan, seperti aplikasi seluler, perdagangan elektronik, game seluler, periklanan, media sosial, dan Internet. Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk unicorn di beberapa area seperti Tokopedia di Indonesia dan VNG di Vietnam.

3. Partech

Partech adalah perusahaan venture capital global teratas yang berfokus pada perusahaan digital dan teknologi. Fokus investasi utamanya yaitu pada perangkat lunak, digital brands, dan layanan teknologi dalam perangkat keras. Partech juga merupakan salah satu pemodal ventura paling sukses di Asia Tenggara.

Didirikan pada tahun 1982, Partech telah mendukung 180 perusahaan dii portofolionya yang tersebar di 30 negara dan di 4 benua. Di Asia Tenggara, Partech telah berinvestasi di Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Perusahaan juga mendukung perusahaan di India dan Korea Selatan. Perusahaan ini biasanya mendukung pendanaan tahap awal dan akhir, ekuitas swasta, dan tahap benih.

By Wasis